0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inikah Wujud Teknologi Pengenal Wajah 3D Xiaomi?

Gambar yang diduga modul scan pengenal wajah 3D Xiaomi. (phonearena.com)

Timlo.net—Modul teknologi pengenal wajah 3D Xiaomi muncul dalam sebuah gambar baru. Gambar itu beredar di Weibo, sosial media di Cina. Rumor yang ada menyatakan jika Xiaomi menjadi produsen Android pertama yang mengembangkan teknologi ini. Tujuannya tentunya untuk menyaingi teknologi Face ID Apple. Teknologi dikabarkan akan tersedia pada Xiaomi Mi 7. Seminggu sebelum dirilis smartphone baru ini, gambar baru itu memperlihatkan komponen yang ada dalam fitur keamanan baru itu.

Teknologi itu seperti dipasang di poni (notch) smartphone. Di dalamnya terdapat berbagai hardware berbeda. Di sisi kiri sepertinya terdapat kamera infra merah besar. Tujuannya untuk menolong meningkatkan kemampuan deteksi wajah dalam kondisi cahaya rendah. Di sampingnya terdapat kamera depan/ selfie, tulis Phone Arena. Kamera depan ini tidak berhubungan dengan teknologi pengenal wajah. Di tengah poni, terdapat speaker in-ear. Setelah itu, di sampingnya terlihat sebuah komponen persegi panjang besar dengan sebuah lubang kecil di atasnya. Komponen itu sepertinya mikrofon.

Dua komponen setelah mikrofon sepertinya berhubungan dengan teknologi pengenal wajah. Komponen berbentuk kotak mirip dengan proyektor dot Apple. Mungkin ini adalah komponen dot versi Xiaomi. Tapi fungsi alat ini masih belum diketahui. Alat ini terlalu besar untuk menjadi sensor proximity. Tapi terlalu kecil untuk menjadi kamera selfie kedua.

Xiaomi sendiri akan menggelar event pada 23 Mei. Hanya tinggal beberapa hari sebelum perusahaan itu mengklarifikasi modul pengenal wajah mereka. Berbeda dengan Apple, Xiaomi tidak akan memaksa para pengguna menggunakan teknologi baru ini. Xiaomi Mi 7 diharapkan dilengkapi dengan scan sidik jari di bagian belakang. Jika scan wajah ini memang tersedia pada Mi 7, maka pengguna punya dua fitur keamanan yang bisa dipilih.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge