0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Seleksi Sekdes Gadungan Diulang, Ini Kekhawatiran Bupati

Bupati Klaten Sri Mulyani (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Bupati Klaten Sri Mulyani enggan berspekulasi mengenai polemik pengisian calon Sekretaris Desa (Sekdes) di Desa Gadungan, Kecamatan Wedi. Kendati masyarakat menghendaki seleksi ulang, regulasi tetap yang akan dikedepankan.

“Perda dan Perbup (Nomor 6 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa-Red) masih jadi pegangan. Secepatnya kita putuskan setelah adanya kajian dengan seluruh OPD terkait,” kata Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (15/5).

Bupati khawatir, jika mekanisme seleksi ulang formasi Sekdes di Desa Gadungan diberlakukan bakal menjadi efek domino ke ratusan desa lainnya yang telah melakukan pelantikan.

Sebab, sesuai Perbup, Kades mengkonsultasikan secara tertulis kepada Camat paling sedikit dua calon perangkat desa dengan urutan perolehan nilai terbanyak dan mengusulkan calon perangkat desa yang memperoleh nilai terbanyak untuk diangkat sebagai perangkat desa.

“Seleksi ulang belum bisa kita putuskan, kita kaji dulu. Kecuali ada kecurangan yang jelas dapat dibuktikan. Karena kalau nanti satu (desa) dituruti akhirnya akan diikuti yang lainnya,” ucap Mulyani.

Seperti diketahui, Tim Pencalonan Pengangkatan Perangkat Desa (TP3D) Gadungan menemukan indikasi kecurangan terhadap calon Sekdes peringkat pertama berupa file jawaban praktik komputer yang dikerjakan sehari sebelum ujian serentak. Hal itu juga diamini secara lisan oleh tim forensik IT Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge