0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Wisnu akan Sampaikan Pidato Pengukuhan Berjudul Kepublikan

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr Wisnu Untoro saat memberi keterangan pers (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr Wisnu Untoro akan menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai guru besar berjudul Kepublikan, Koneksi Eksternal dan Kinerja. Wisnu akan dikukuhkan sebagai guru besar bidang Manajemen Strategik, di Auditorium UNS, Solo, Selasa (15/5).

“Kepublikan merupakan karakteristik organisasional yang menunjukkan tingkat organisasi dipengaruhi oleh otoritas politik,” ungkap Wisnu kepada wartawan, di Rumah Makan Kepala Ikan Cianjur, Solo, Senin (14/5).

Menurut Wisnu, tingkat kepublikan organisasi menjadi penting karena menjadi alat untuk membedakan organisasi swasta dan publik. Pengetahuan terhadap kepublikan organisasi sangat diperlukan karena menentukan perhatian pada tingkat mana kekuasaan publik mempengaruhi organisasi, dan akhirnya akan menentukan bagaimana organisasi bertindak karena ada anggapan teoretis bahwa antara kedua organisasi itu terdapat perbedaan dalam perilaku.

Dengan demikian pemahaman terhadap perbedaan, menurut Wisnu yang juga mantan Dekan FEB UNS, sangat penting bagi manajemen strategis karena kegagalan memahami akan menyebabkan ketidak-akuratan dalam generalisasi, dan hilangnya karakteristik penting yang berbeda dalam penerapannya.

“Kepublikan merupakan topic yang saya teliti pada saat kuliah S3 dan berlanjut pada beberapa tahun terakhir ini,” ungkap Wisnu.

Wisnu mengatakan, topic ini masih relevan untuk dibicarakan dan diteliti karena banyak ilmuwan dan praktisi yang membenarkan pada perbedaan praktek manajemen organisasi sector swasta dan public tetapi ada anggapan bahwa organisasi sector swasta lebih superior dibanding organisasi public.

“Hal tersebut terlihat banyak dilakukan privatisasi perusahaan public dengan harapan untuk meningkatkan kinerjanya. Disamping mengacu pada disertasi saya, paling tidak ada tiga artikel yang lain saya menjadi acuan pidato saya kesemuanya berhubungan dengan kepublikan,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge