0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Temui Rokok Ilegal, Lapor ke Kantor Bea Cukai!

Sosialisasi penggunaan cukai rokok oleh petugas kantor bea cukai Surakarta (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Masyarakat perlu mengenali ciri-ciri rokok ilegal, supaya bisa menekan peredaran barang tersebut. Tindakan paling solutif dengan melaporkannya ke petugas bea cukai.

Contact center bea cukai 021-1500225 atau sms ke 0811500225. Laporan adanya rokok bodong akan ditindaklanjuti petugas penyidik PNS kantor bea cukai. Alur ini sesuai Uu no 39 tahun 2007 tentang Cukai,” kata Kasubsi Penyuluhan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Surakarta, FX Ichtiardi di hadapan peserta sosialisasi DBHCHT ke pengusaha UKM dan perangkat desa, Selasa (8/5).

Alur itu berlaku pula bagi petugas Satpol PP. Bahkan, Polisi pemda itu hanya boleh mengumpulkan infor.asi serta pelaporan dan koordinasi.

Masyarakat bisa ikut andil menekan peredaran rokok ilegal dengan memutus mata rantainya. Yakni menolak menerima maupun membeli. Ichtiardi menyampaikan tips mengenali produk berpajak itu yang dipalsu.

“Tanpa pita cukai atau polosan, berpita cukai tapi kepunyaan bukan perusahaannya, pita cukai tak sesuai jenis misalnya cukai SKT ditempel ke SKM, atau silekat pita cukai bekas. Biasanya, rokok itu harganya jauh lebih murah dibanding rokok merek lainnya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge