0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Konsumsi Makanan Cepat Saji Pengaruhi Kesuburan Wanita

Burger McDonald's. (New York Daily News.)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyimpulkan wanita yang kerap makan makanan cepat saji dan kurang mengkonsumsi buah cenderung sulit mengandung. Penelitian itu mensurvei 5.598 wanita. Hasil survei menyatakan jika mereka yang makan makanan cepat saji empat kali atau lebih dalam seminggu perlu waktu sebulan atau lebih lama untuk hamil. Sedangkan mereka yang jarang makan makanan cepat saji tidak mengalami masalah serupa.

Pengaruh makanan cepat saji bahkan bisa menyebabkan wanita sulit mengandung hingga setahun lebih. Penelitian itu sendirian dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction, tulis BBC.

Para ahli menyatakan jika makan makanan sehat memperbesar kemungkinan untuk mengandung. Akan tetapi, ada beberapa batasan dalam penelitian ini. Termasuk data penelitian yang tergantung pada memori para wanita untuk mengingat apa yang mereka makan sebelum hamil.

Para responden dalam penelitian adalah wanita dari Australia, Selandia Baru, the UK dan Irlandia. Mereka diminta menjawab apa yang mereka makan sebelum sebelum hamil anak pertama mereka.

Para bidan lalu mengunjungi para wanita ini saat memasuki minggu ke-14 hingga ke-16 kehamilan. Para bidan bertanya seberapa sering mereka makan buah, sayuran berdaun hijau, dan ikan. Juga makanan seperti burger, pizza, ayam goreng dan kentang goreng dari outlet makanan cepat saji.

Para peneliti menyimpulkan wanita yang makan buah kurang dari satu hingga tiga kali sebulan perlu waktu rata-rata setengah bulan lebih lama untuk hamil. Dari perhitungan, wanita yang kurang makan buah beresiko sulit hamil dalam setahun 12 % lebih besar. Sedangkan mereka yang makan makanan cepat saji empat kali atau lebih seminggu mengalami kenaikan resiko yang sama hingga 16%.

Para wanita yang pasangannya mengikuti perawatan kesuburan dikecualikan dari analisa data. “Penemuan ini menunjukkan jika makan makanan berkualitas bagus termasuk buah dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji memperbaiki kesuburan dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk hamil,” ujar Profesor Claire Roberts, dari the University of Adeilade, Australia, yang memimpin penelitian ini.

Para peneliti menemukan hubungan antara konsumsi buah dan makanan cepat saji dengan waktu kehamilan. Tapi mereka tidak menemukan hubungan antara konsumsi sayuran hijau dan ikan dengan kesuburan.

Walaupun penelitian ini besar, tapi jenis makanan yang disertakan terbatas. Selain itu, pola makan para bapak juga tidak diteliti. Padahal pola makan para pria bisa mempengaruhi kehamilan pasangan mereka, ujar para peneliti.

Tapi para ahli masih menyatakan jika pola makan wanita sebelum hamil berpengaruh terhadap kemungkinan mereka hamil. Dr. Gino Pecoraro, dosen senior di the University of Queensland, Australia yang tidak terlibat dalam penelitian ini berkata, “Secara umum, penelitian ini memang mendukung apa yang dipercaya para profesional dalam bidang kesehatan—memiliki pola makan yang sehat adalah hal yang baik untuk pasangan yang ingin punya anak.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge