0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peneliti Ungkap Alasan Rambut Beruban

Rambut beruban. (findhealthremedies.com)

Timlo.net—Anda melihat jika rambut di kepala Anda mulai memutih? Pernahkan Anda bertanya kenapa rambut Anda beruban? Para peneliti di the University of Alabama, Birmingham, Amerika Serikat (AS) baru-baru ini melakukan penelitian untuk menjawab kenapa rambut kehilangan pigmen (warna).

Untuk menjawab pertanyaan ini, para peneliti melakukan percobaan pada tikus. Mereka secara khusus meneliti respon daya tahan tubuh terhadap gen MITF, protein yang menolong melanosit berfungsi dengan baik. Melanosit adalah sel-sel yang bertanggung jawab untuk melanin, pigmen yang memberikan mata, kulit dan rambut warna tertentu.

Setelah menganalisa penelitian mereka, ditemukan jika gen MITF juga mengontrol keluarnya interferon, protein yang melawan infeksi virus. Jika jumlah MITF kurang, binatang dalam penelitian menghasilkan interferon secara berlebihan. Hal ini memaksa kekebalan tubuh menyerang melanosit dan menyebabkan pertumbuhan rambut tanpa warna atau rambut beruban.

Para peneliti tidak tahu jika hal yang sama terjadi pada manusia. Tapi mereka percaya inilah penjelasan kenapa ada orang yang rambutnya beruban walaupun masih muda, tulis AJC.com.

“Mungkin, dalam individu yang sehat tapi rambutnya beruban, terkena infeksi virus setiap hari cukup untuk menyebabkan melanosit mereka turun dan sel induk melanosit menyebabkan rambut beruban lebih dini,” jawab salah satu peneliti Mellisa Harris dalam sebuah pernyataan.

Tapi dia menekankan infeksi tidak menjadi jaminan adanya rambut beruban. “Penelitian ini menekankan hanya satu mekanisme yang menolong kita memahami lebih baik kontribusi biologis dari tanda-tanda penuaan yang terlihat,” tambahnya. Penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal PLOS Biology.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge