0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Libur Lebaran, TSTJ Tambah Koleksi Satwa

(dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Lebaran memang masih cukup lama. Namun hal itu tak berarti para pengelola kawasan wisata bisa berleha-leha menghadapi musim libur tahunan itu. Seperti yang dilakukan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo bekerjasama dengan sejumlah lembaga konservasi lain untuk menyajikan satwa koleksi baru bagi pengunjung.

“Kita sedang galang kerjasama dengan beberapa lembaga konservasi untuk bisa menghadirkan koleksi baru,” ungkap Dirut TSTJ Bimo Wahyu Widodo, Senin (7/5).

Lembaga konservasi yang tengah berkomunikasi dengan TSTJ diantaranya Kebun Binatang Badung, Kebun Binatang Maharani Lamongan, dan Kebun Binatang Ragunan. Kerjasama yang dibangun adalah pertukaran kpleksi satwa antar kebun binatang.

“Saat ini kita masih menunggu surat dari Dirjen Konservasi, Sumberdaya Alam dan Ekosistem untuk legalnya pertukaran tersebut,” ujar Bimo.

Rencananya pihak TSTJ akan menukarkan koleksi Kanguru Tanah miliknya dengan sejumlah satwa yakni Kapibara, Sitatunga, Pelikan dan Rusa Timor dengan Kebun Bibatang Ragunan. Sedangkan Kebun Binatang Maharani Lamongan akan menyerahkan Kapibara, Sitatunga, Rusa Timor, Rusa Sambar yang juga ditukar dengan Kanguru Tanah.

“Ada juga dari Kebun Binatang Bandung kita mendapatkan Beruang Madu betina yang akan kita jodohkan dengan Beruang Madu jantan milik TSTJ. Selain itu juga akan ada pertukaran Rusa Timor untuk mencari darah segar dalam pembiakan,” terang dia.

Dirinya berharap, semua koleksi tersebut telah tiba sebelum Lebaran, sehingga bisa dipamerkan kepada pengunjung.

“Selebihnya kita hanya menunggu (surat resmi dari Dirjen) sebab proses komunikasi sudah selesa,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge