0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lima Siwa SMA di Klaten Raih Nilai UN 100

Ketua MKKS SMA Klaten, Kawit Sudiyono (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Klaten menyatakan, seluruh peserta¬† Ujian Nasional (UN) jenjang SMA dinyatakan lulus. Namun begitu, masih ada belasan peserta yang tidak lulus lantaran tidak mengikuti ujian.

“Dari total 4.445 siswa yang terdaftar sebagai peserta UN, 4.434 siswa di antaranya dinyatakan lulus. Mereka berasal dari 26 SMA, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Klaten,” kata Ketua MKKS SMA Klaten, Kawit Sudiyono, Jumat (4/5).

Di sisi lain, lanjut dia, sebanyak 11 peserta dinyatakan tidak lulus lantaran tidak mengikuti ujian utama maupun susulan. Mereka berhalangan hadir disebabkan sedang menderita sakit hingga memang sengaja tidak datang ujian.

Disinggung persentasi nilai tertinggi maupun terendah, Kawit mengaku belum dapat menyampaikan perincian nilai rata-rata tiap sekolah. Namun berdasarkan data yang diolah Timlo.net dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah, sebanyak lima siswa SMA di Klaten ada yang berhasil mendapat nilai UN 100.

Siswa penerima nilai sempurna itu terdiri dari seorang siswa SMAN 1 Klaten dengan nilai 100 untuk pelajaran Matematika, dua siswa dari SMAN 1 Klaten dan SMAN 2 Cawas untuk Kimia, serta dua siswa SMAN 1 Klaten dan SMAN 2 Klaten untuk Biologi. Mereka merupakan siswa jurusan IPA.

“Sepengetahuan saya, persentase nilai tertinggi masih di SMAN 1 Klaten. Untuk evaluasinya, kalau kami mengutamakan kepada anak- anak soal kejujuran, syukur-syukur nilainya sangat tinggi. Karena seorang siswa dinyatakan lulus kalau sudah mengikuti UN secara lengkap. Jadi, nilai berapa pun pasti lulus,” ujar Kawit, sekaligus Kepala SMAN 1 Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge