0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penelitian Ungkap Jika Generasi Z Paling Kesepian

ilustrasi (sumber: Pixabay)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru menemukan jika generasi setelah generasi milenium adalah generasi yang paling kesepian. Penelitian itu dilakukan oleh perusahaan asuransi kesehatan Cigna. Perusahaan itu mensurvei 20 ribu warga Amerika berusia 18 tahun ke atas.

Kelompok termuda, berusia 18 hingga 22 tahun mengaku lebih merasa kesepian dibandingkan generasi yang lebih tua. Termasuk mereka yang berusia di atas 72.

Generasi berusia 18 hingga 22 tahun ini disebut Generasi Z. Skor kesepian mereka mencapai 38 . Padahal skor rata-rata orang Amerika usia 20 hingga 80 adalah 44.

Dari seluruh responden, sebanyak 46 persen mengaku kadang-kadang kesepian atau selalu kesepian. Satu di antara empat responden percaya tidak ada seorangpun yang memahami mereka.

Penelitian itu menyatakan alasan rasa kesepian itu adalah kurangnya kontak fisik. Setengah responden yang tidak memiliki interaksi fisik memiliki kesehatan yang buruk, tulis Indy100.com.

CEO dan presiden Cigna David Cordani berkata, “Kita harus mengubah tren ini dengan mengubah pembicaraan tentang kesejahteraan mental dan vitalitas menjadi pembicaraan tentang koneksi mental-fisik kita. Saat pikiran dan tubuh diperlakukan sebagai satu kesatuan, kita melihat hasil yang luar biasa.”

Miliaran orang di seluruh dunia memiliki akses dan menggunakan sosial media. Hal ini membuat masyarakat saat ini menjadi masyarakat yang paling terhubung yang pernah ada. Tapi wabah kesepian menyapu seluruh bagian di dunia.

Office for National Statistics menyatakan jika 2,4 juta orang di Inggris mengalami kesepian kronis. Kondisi ini bisa meningkatkan hormon stres dan peradangan. Pada akhirnya resiko penyakit jantung, arthritis, diabetes tipe 2 dan kepikunan meningkat.

Isolasi sosial juga dihubungkan dengan kesehatan mental dan fisik yang lebih buruk. Orang yang mengaku tidak memiliki kelompok sosial lebih sering memeriksakan diri ke dokter.

Masalah kesepian ini begitu parah. Baru-baru Tracey Crouch ditunjuk menjadi menteri kesepian di Inggris. Dia ditugaskan untuk mengatasi masalah ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge