0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Orang Ditangkap di Bali Terkait Kejahatan Internet

ilustrasi (sumber: pxhere.com)

Timlo.net – Sebanyak 114 orang Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Bali terkait kasus kejahatan di dunia maya. Para tersangka terdiri atas 11 WNI (lima perempuan dan enam laki-laki) dan 103 WNA Cina (11 perempuan dan 92 laki-laki).

“Mereka ditangkap kemarin sore di tiga lokasi berbeda di Bali,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal dalam pesan singkat, Rabu (2/5).

Para tersangka dibekuk polisi pada Selasa, 1 Mei di tiga lokasi berbeda di Denpasar, Bali yakni di Jalan Perumahan Mutiara Abianbase Nomor 1 Mengwi, Badung, Denpasar; Jalan Bedahulu XI Nomor 39 Denpasar dan Jalan Gatsu I Nomor 9 Denpasar Bali.

Para pelaku menggunakan perantara internet untuk menipu korban dengan mengaku sebagai aparat penegak hukum di Cina.

Dengan kecanggihan alat yang mereka miliki, mereka dapat melakukan panggilan dengan nomor telepon yang seolah-olah berasal dari institusi Kepolisian, Kehakiman dan Pengadilan di Cina.

“Setelah korban dibujuk rayu dan diintimidasi, korban akhirnya mengirimkan sejumlah barang yang diminta pelaku,” katanya.

Dari tangan para tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 51 unit telepon, lima laptop, 82 paspor, 53 ponsel, 18 router, dua printer dan 27 hub.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge