0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dana Rp 2 Miliar untuk Bangun Jalan Masuk Kebun Raya Indrokilo

Pembangunan Jalan masuk Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali terus melakukan pembangunan Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB), salah satunya yang saat ini sedang dikerjakan adalah jalan masuk. Nantinya jalan masuk sepanjang 900 meter menjadi jalan satu-satunya bagi pengunjung ke KRIB.

“Ini mulai kita kerjakan, anggaran yang kita siapkan Rp 2 miliar,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Boyolali, Nyoto Widodo, Jumat (27/4).

Dijelaskan, jalan masuk yang dibangun mulai dari jalan kabupaten Teras-Mojosongo masuk ke dalam KRIB. Jalan yang dibangun selebar 18 meter dan di bagian tengah dibuat median dengan lebar satu meter.

“Kalau pada tahap awal pembangunan jalan yang meliputi perataan lahan dan pembuatan drainase,” imbuh Nyoto.

Sementara untuk anggaran, bersumber dari Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Boyolali 2018 sebesar Rp 25 juta dan Dana Insentif daerah (DID) Rp 1,975 miliar. Rencananya, jalan tidak dibangun sekaligus.

“Kita bangun sisi kanan dulu, nanti  pada APBD Perubahan kita anggarkan untuk ruas satunya,” imbuhnya.

Dijelaskan, jalan yang dibangun tersebut nantinya akan menuju ke tempat parkir. Sesampai di tempat parkir, pengunjung KRIB harus berjalan kaki melintasi jembatan dan baru masuk kawasan kebun.

“Untuk pengaman pengunjung, jalan masuk nanti akan kita beri pagar pengaman,” ujarnya.

Sehingga masyarakat atau warga lain tak bisa lewat jalan tersebut. Masyarakat yang akan ke ladang bisa melintas jalan dukuh yang telah ada sebelumnya.

Ditemui terpisah, Kepala UPT Kebun Raya Indrokilo, Giman Sucipto menambahkan, kawasan kebun raya terus dibenahi. Salah satunya, KRIB sudah dilengkapi alat penangkap air hujan yang langsung diolah menjadi air siap minum.

“Terus dilakukan pembenahan,setahap demi setahap,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge