0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemda Diminta Jaga Aset TMMD

Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi  TMMD, Brigjen TNI Makmur Umar bersama Dandim Letkol Inf Muhammad Ibrahim Muchtar Maksum meninjau pengerjaan TMMD di Desa karang, Karangpandan (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Mabes TNI meminta pemerintah daerah ikut memelihara infrastruktur yang dibangun prajurit di program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Aset itu vital bagi kehidupan sosial ekonomi warga setempat.

“Tolong ini dipelihara. Membangun mungkin mudah, namun maintenance yang terpenting. Kami serahkan hal itu ke Pemda Karanganyar,” kata Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi TMMD, Brigjen TNI Makmur Umar di Balai Desa Karang, Kecamatan Karangpandan kepada wartawan, Kamis (26/4).

Infrastruktur itu sangat dibutuhkan masyarakat untuk memudahkan mobilitas. Penentuan lokasi maupun jenis pengadaan infrastruktur di Desa Karang diyakininya tepat.

“Pengajuan ini bottom up. Jadi sesuai keinginan paling mendesak warga desa,” katanya.

Ia sengaja hadir ke lokasi TMMD ke-101 di Desa Karang, Karangpandan ini untuk menyemangati para prajurit dan stakeholdernya. Ia meyakini jajaran Kodim 0727/Karanganyar bersama Pemkab dan warga berusaha maksimal menyelesaikan pembangunan fisik maupun nonfisik.

Dalam tinjauannya ke lokasi, Makmur Umar menyapa seluruh warga sekaligus berdialog. Berbekal penjelasan Dandim Karanganyar Letkol Inf Muhammad Ibrahim Muchtar Maksum, ia mengkrosceknya ke lokasi. Pekerjaan fisik tersebut di antara pemasangan besi wiremesh dan mengecor jalan setapak penghubung antardusun, yakni Dusun Karangwetan dengan Mroto, Desa Karang. Panjang jalan 1.350 meter, lebar 2,5 meter, dan tebal 12 sentimeter.

Kondisi jalan setapak, terjal, dan tanah yang dipadatkan. Jalan itu sering dilalui petani untuk mengangkut hasil panen dan lain-lain. Kondisi jalan becek dan rawan longsor saat musim penghujan. Sasaran lainnya adalah talud di 12 lokasi, gorong-gorong di tiga lokasi, pos kamling dua unit, dan rehab sepuluh unit RTLH.

“Laporan Dandim ada yang sudah 100 persen selesai, ada juga yang belum. Harapannya, tanggal 3 Mei nanti selesai semua,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge