0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Pembelajaran Karakter Siswa Generasi Zaman Now

Siswa SD Al Firdaus bermain di outbond (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 553 siswa kelas 1 – 6 SD Al Firdaus Surakarta mengikuti berbagai gelaran permainan outbond, di Ngargoyoso, Kemuning, Karanganyar, Kamis (26/4). Kegiatan ini bertemakan Be Responsible and Respectful Always.

“Kegiatan rutin setiap semester tersebut diselenggarakan sebagai pungkasan dari tema-tema pembelajaran di masing-masing jenjang kelas siswa,” ujar Humas Perguruan Al Firdaus Surakarta, Ema Utami kepada wartawan, di SD Al Firdaus, Solo, Kamis (26/4).

Ema mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang menjadi salah satu keunggulan Al Firdaus. Kegiatan puncak tema diisi dengan kegiatan permainan.di wahana dengan unsur biotik dan abiotic serta topografi yang menantang para siswa. Pendekatan pembelajaran karakter melalui pengalaman (experiental learning), dimana siswa akan mendapatkan pengalaman langsung dari sebuah fenomena sehingga diharapkan lebih mudah menangkap esensi pengalaman itu. Pembelajaran melalui outbound ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah solutif  yang  fun (menyenangkan) bagi siswa dalam pembentukan karakter.

“Sebuah cara pendekatan pembelajaran karakter siswa generasi zaman now. Trik pendekatan yang tepat adalah sesuai tema, usia dan zamannya dengan bermain serius tapi santai,” ujar Ema.

Melalui permainan outbond, menurut Humas Perguruan Al Firdaus Surakarta,  berbagai nilai-nilai karakter positif dikuatkan pada siswa dengan dilandasi nilai spiritualitas yang kuat, mengangkat budaya lokal, menjunjung tinggi nasionalisme, dan berpikir bergerak maju menuju dunia global seperti sikap inquiry, knowledgeable, thinkers, communicators, principled, open-minded, discipline dan lain lain. Nilai-nilai internasional tersebut pun dijadikan sebuah nama dalam kelompok-kelompok siswa. Hal tersebut di harapkan siswa ke depan mempunyai wawasan yang lebih luas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge