0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Simulasi Penanganan Bencana Digelar Serentak di Klaten

Aksi penyelamatan vertical rescue di Pendopo Pemkab Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Getaran gempa mengejutkan acara penyerahan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (26/4). Akibatnya, puluhan orang yang terlihat panik tiarap bersembunyi di bawah meja. Kemudian terdengar sirene mobil pemadam kebakaran meraung- raung.

“Ini simulasi penanganan bencana dalam rangka memperingati┬áHari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018,” kata Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Bambang Giyanto, Kamis (26/4).

Selain digelar di Pemkab Klaten, kata dia, simulasi penanganan bencana hari ini digelar serentak di 26 titik lainnya seperti pabrik, kantor pemerintahan, rumah sakit, kantor desa, hingga gedung sekolah. Esok harinya, Jumat (27/4), simulasi menyasar tujuh sekolah, termasuk SMP dan SLB.

“Total melibatkan 16.557 orang peserta simulasi. Tujuannya menyadarkan kita semua bahwa kita ini hidup di negara yang memiliki ancaman bencana,” kata Bambang.

Dari pantauan, dua mobil damkar dan satu unit ambulance diterjunkan pada simulasi di komplek Pemkab Klaten. Terlihat sejumlah anggota Damkar dan SAR menyiapkan penyelamatan evakuasi medan sulit Urban Search and Rescue dengan teknik vertical rescue dan fireman carry.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge