0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Catat! Besok Pagi, Ruas Jl Slamet Riyadi Ditutup Sementara

Pengalihan arus kendaraan saat penutupan sementara Jl Slamet Riyadi Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Peringatan Hari Tari Dunia atau World Dance Day akan digelar secara massal di Kota Bengawan. Pagelaran tahunan itu kali ini akan disambut dengan semarak Tari Gambyong yang melibatkan lebih dari 5000 orang.

Acara yang akan digelar bersamaan dengan Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) ini rencananya akan mengambil jalanan sebagai panggung. Simpang Empat Gladak hingga Simpang Empat Pasar Pon dipilih sebagai lokasi dihelatnya acara pada Minggu (29/4) pagi.

“Atas permintaan dari panitia, sebagai persiapan gladi bersih acara ini, kami akan menutup sementara ruas Jl Slamet Riyadi dari Simpang Empat Gladak hingga Simpang Empat Pasar Pon, pada Jumat (27/4) besok,” ungkap Kabid Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo, Kamis (26/4).

Ari mengungkapkan, penutupan sementara ruas jalan itu akan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB. Waktu ini dipilih dengan perhitungan bahwa siswa-siswi telah masuk sekolah, dan pekerja kantor juga telah berada di kantor.

Dikatakan, jalur lambat juga dipastikan tidak dapat digunakan karena akan dijadikan lokasi parkir peserta Solo Menari. Ari menyebut penggunaan jalur lambat sebagai lokasi parkir hanya berlaku saat gladi bersih. Sedangkan saat pelaksanaan hari H, peserta akan menggunakan lahan parkir seperti saat CFD seperti biasanya.

“Pengalihan arus yang akan ke arah timur bisa melalui simpang empat Ngapeman ke utara masuk ke Jl Gajah Mada sampai Jalan Yosodipuro, bundaran Monumen Pers ke arah timur, melalui belakang Pura Mangkunegaran ke sisi timur kemudian (Jalan) Ronggowarsito. Ronggowarsito dari Keprabon sampai Telkom berlaku dua arah.” ungkap dia.

Sementara Kabid Kesenian, Sejarah, dan Sastra Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo, Maretha Dinar mengungkapkan, persiapan acara Gambyong Massal tersebut telah mencapai 90 persen. Dikatakan, pihaknya bekerjasama dengan sekolah dan sanggar tari untuk menyukseskan acara tersebut.

“Pesertanya mulai dari 12 tahun hingga dewasa. Kita kerjasama dengan sanggar-sanggar dan sekolah-sekolah,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge