0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mau Jual Motor Curian Lewat Facebook, Ucil Dibekuk

Motor hasil curian yang akan dijual lewat Facebook (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ilham Ryan Saputra alias Dimas alias Ucil (18) tersangka kasus pencurian sepeda motor berencana menjual hasil curiannya dengan cara online. Akan tetapi, aksi kejahatan yang dilakukan warga Kampung Makam Bergolo, Kelurahan/ Kecamatan Serengan ini berhasil diendus polisi.

“Tersangka sudah sempat menjualnya melalui Facebook. Akan tetapi belum sempat laku sudah ditangkap anggota kami,” terang Kapolsek Jebres Kompol Juliana, Rabu (25/4) siang.

Usai menggondol motor milik motor jenis Honda Beat AD 2671 BK dan sebuah handphone merk Oppo milik Dewi Setyaningsih (27) warga Kampung Gulon, Kecamatan Jebres, Solo, pelaku langsung kabur menuju sebuah SPBU di Kawasan Jebres.

Di lokasi tersebut, tersangka memeriksa jok motor dan menemukan STNK motor berada di dalam jok. Mengetahui hal tersebut, pelaku langsung menuju ke Warnet di daerah Kampung Kawatan, Laweyan untuk menawarkan barang hasil curian dengan cara online. Akan tetapi, barang tersebut belum sempat laku.

“Saat online itulah, ada salah seorang teman tersangka yang tertarik untuk menukar motor hasil curian dengan motor miliknya jenis Yamaha Mio B 6634 TJA. Namun, teman korban itu tidak tahu jika motor itu hasil curian. Dari tukar motor itulah tersangka mendapat keuntungan Rp 100 ribu,” jelas Kapolsek.

Untuk mengelabui teman korban yang melakukan penukaran motor, kata Kapolsek, tersangka mengelabui dengan menutup cat motor hasil curian dengan menggunakan sticker warna biru. Akan tetapi, plat nomor kendaraan masih asli beserta dengan surat STNK motor tersebut.

Sementara, handphone korban yang juga turut dibawa kabur juga ikut dijual oleh tersangka. HP Oppo seri A37 warna hitam itu dijual di Pasar Jongke, Laweyan dan laku Rp 700 ribu.

“Jadi, tersangka ini menggondol motor dan handphone korban lalu menjualnya secara terpisah,” ungkap Kapolsek.

Dari hasil laporan korban, Polisi melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, berhasil menangkap pelaku pencurian.

Selain menangkap tersangka, Polisi juga mengamankan barang bukti sepeda motor jenis Honda Beat AD 2671 BK serta pakaian milik tersangka saat menjalankan aksi pencurian.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 362 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge