0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Soal Proyek Waduk Pidekso, Ini Tanggapan BBWSBS

Proyek pengerjaan Waduk Pidekso Kecamatan Giriwoyo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Menyikapi kritikan Bupati Wonogiri Joko Sutopo soal tersendatnya pengerjaan proyek pembangunan waduk Pidekso di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo kalangan rekanan angkat bicara. Bahkan rekanan menyatakan, proyek dihentikan sementara. Proyek fisik akan dilanjutkan kembali setelah pembayaran tanah terdampak diselesaikan sesuai target yang disepakati antara warga terdampak PT Pembangunan Perumahan (PT PP) selaku rekanan dan BBWS Bengawan Solo.

“Kami selalu mengedepankan dialog dengan masyarakat. Kami juga berencana mengajak perwakilan masyarakat untuk berkunjung ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) agar dapat mengetahui secara jelas mengenai proses pembebasan dan pembayaran tanah,” beber Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Charisal Akdian Manu saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, Selasa (24/4).

Dijelaskan, pembebasan dan pembayaran tanah harus menjalani prosedur yang panjang. Selain itu, seluruh persyaratan harus dipenuhi. Maka hal tersebut perlu proses, perlu verifikasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kemudian baru diberikan ke LMAN agar bisa dibayarkan. Dia juga memastikan, bahwa semuanya akan dibayar, namun semua diperlukan proses panjang. Tak hanya itu saja, pihaknya juga mendorong BPK agar lebih cepat menyelesaikan verifikasi tanah terdampak tersebut.

Ditambahkan, sampai saat ini, jumlah tanah yang telah dibayarkan mencapai lebih dari 500 bidang. Adapun total tanah terdampak pembangunan Waduk Pidekso sebanyak 1. 634 bidang seluas 332 hektare. Dana yang sudah dikeluarkan untuk membayar sampai saat ini mencapai lebih dari Rp 321 Miliar.

“Menurut hemat saya, masyarakat justru akan dirugikan jika pembangunan waduk tersebut tertunda. Mereka tidak akan segera menikmati manfaat waduk, seperti pengairan, pengendali banjir, penyediaan air baku, hingga pengembangan wisata dan perikanan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge