0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembayaran Ganti Rugi Waduk Pidekso Tersendat, Bupati Wonogiri Kecewa

Proyek pengerjaan Waduk Pidekso Kecamatan Giriwoyo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Pengerjaan proyek nasional Waduk Pidekso membuat kecewa Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Penyebabnya adalah pembayaran ganti rugi yang tersendat. Sehingga membuat masyarakat tidak kondusif.

“Proyek ini direncanakan sejak 2013, tapi tidak selesai-selesai. Lalu kami (Pemkab) turun tangan, melakukan proses percepatan. Kita mediasi antara warga dan pihak terkait itu. Akhirnya warga bersedia menerima ganti rugi,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (24/4).

Untuk mempercepat proses administrasi, Bupati sempat berkantor di Pidekso. Namun setelah proses selesai, para pihak terkait tidak menyelesaikan kewajibannya sesuai yang diharapkan. Setelah proses administrasi, terutama pada ganti rugi tapak bendung selesai,  tidak ada lagi koordinasi.

Bupati menambahkan, saat terjadi masalah seperti ini, pihak yang mengerjakan proyek menghubungi dirinya. Padahal dulu komitmennya, setelah pembangunan tapak bendung, baru akan dilakukan pengerjaan selanjutnya. Sementara pemkab menyelesaikan dokumen yang belum selesai. Lalu Pemkab meminta jeda untuk melakukan evaluasi sebelum melakukan pengerjaan selanjutnya.

“Kalau polanya semacam ini pemerintah daerah yang menanggung beban yang berat. Maka kami ingin, para pihak terkait mengkaji kembali permasalahan yang ada sehingga tidak menimbulkan dampak sosial yang buruk. Jangan sampai proyek bernilai besar tapi tidak ada koordinasi yang baik. Bahkan laporan perkembangan pembangunan, Pemkab tidak mendapatkannya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge