0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Usai Divonis 15 Tahun, Begini Nasib Setnov Selanjutnya di DPR

Setya Novanto (Setnov) (sumber: dpr.go.id)

Timlo.net — Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan menggelar rapat internal membahas putusan Pengadilan Tipikor yang memvonis Setya Novanto 15 tahun penjara, untuk menentukan sikap MKD terkait posisi politisi Partai Golkar itu sebagai anggota DPR.

“Kami akan menggelar rapat internal, rapat ini bukan hanya secara khusus membahas Novanto tapi biasa rapat internal akhir masa reses,” kata Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (24/4).

Dasco mengatakan belum mengetahui lebih lanjut pembahasan dalam rapat nanti namun salah satunya akan membahas sikap MKD dalam merespons putusan pengadilan terhadap Novanto.

Menurut dia, MKD mengacu pada UU nomor 2 tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) terkait status Novanto sebagai anggota DPR paska putusan pengadilan.

“Sampai keputusan inkracht, UU bunyinya seperti itu kecuali ditarik dari Fraksi Partai Golkar atau yang bersangkutan mengundurkan diri,” ujarnya.

Dasco menjelaskan opsi-opsi lain akan tergantung dari sikap fraksi-fraksi partai di MKD yang akan dibahas di rapat.

Berdasarkan Pasal 237 ayat 3, anggota DPR yang terbukti melanggar ketentuan larangan korupsi, kolusi dan nepotisme berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dikenai sanksi pemberhentian sebagai anggota DPR.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan peluang opsi pemberhentian Novanto tanpa menunggu keputusan inkracht tidak memungkinkan kecuali fraksi dan partai menarik keanggotaan Novanto.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge