0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga Kentingan Baru Tantang ke Pengadilan

Emanuel Gobay, kuasa hukum warga Kentingan Baru (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Warga Kentingan Baru, Jebres menantang pihak yang mengklaim pemilik lahan di Kentingan Baru untuk melayangkan gugatan perdata ke pengadilan. Melalui kuasa hukumnya, Emanuel Gobay, warga mengaku siap menghadapi gugatan yang mungkin akan dilayangkan.

“Kita ini kan sama-sama paham tentang persoalan ini yang merupakan persoalan perdata, dan privat, ya di masukkan gugatannya. Tidak perlu bawa-bawa Pemkot, bawa-bawa Satpol PP, bawa-bawa Polisi. Karena ranahnya ada di Pengadilan,” ungkap Emanuel Gobay, saat ditemui di Gedung DPRD Solo, Selasa (24/4).

Menurut penilaian pengacara yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta ini, pelibatan Pemkot Solo dalam persoalan di ranah privat justru akan memperkeruh suasana. Selain itu Pemkot akan terjebak pada persoalan di ranah privat, yang justru akan menyebabkan Pemkot melanggar Azas Profesionalisme yang tercantum dalam Undang-undang nomor 28 tahun 1999 tentang Pelaksanaan Pemerintahan yang Baik dan Bebas dari KKN.

Disebutkan, beberapa waktu yang lalu, pihak Satpol PP pernah mendatangi warga dan melakukan pendataan, tanpa tujuan yang jelas. Hal ini, kata dia, merupakan cara-cara yang tidak dibenarkan, lantaran menimbulkan gangguan dan rasa tidak nyaman kepada warga yang tinggal di Kentingan Baru.

“Saya mengingatkan kepada semua pihak, untuk janganlah menggunakan cara-cara seperti itu, karena ini jelas-jelas mengganggu hak atas rasa nyaman dari klien saya. Saya sebagai penasehat hukum dan warga siap meladeni gugatan di pengadilan,” ungkap pria yang akrab disapa Edo ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge