0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Ini yang Dilakukan Bulog

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Menjelang Bulan Ramadan, Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre III Solo menyiapkan sejumlah strategi untuk melakukan pengendalian harga pangan. Beberapa program yang sudah dilakukan  itu, meliputi operasi pasar dengan menggandeng pedagang di pasar tradisional.

“Kemarin kita sudah melakukan penambahan pasokan beras kepada sejumlah pedagang di Pasar Legi dan Pasar Gede,” ujar Kepala Bulog Subdivre III Solo, Titov Agus Sabelia kepada wartawan, Selasa (24/4).

Dalam pengiriman pasokan beras medium kepada pedagang itu, disebutkan dia Bulog sudah mendistribusikan sekitar 500 kilogram. Kendati tidak menyebut kuota yang disediakan, namun ia memastikan Bulog akan siap memenuhi permintaan yang dibutuhkan.

“Kalau soal kuota kita melihat kondisi pasar. Namun yang jelas, berapapun yang diminta kita siap untuk memenuhi,” jelasnya.

Sebagai upaya pengendalian stabilitas harga pangan itu, Bulog akan menggandeng sejumlah stakeholder lainnya. Seperti PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) maupun dengan PT Pertani. Adapun komoditas yang akan disiapkan, diantaranya adalah beras, gula pasir dan minyak goreng.

“Kalau sekarang beras dulu, baru kedepan komoditas lainnya,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Subagyo menyampaikan, dari pantauan yang dilakukan saat ini harga komoditas pangan di pasar berangsung mulai turun dan kembali normal. Hal itu menunjukan, bahwa kegiatan operasi pasar yang dilakukan selama ini cukup efektif menekan harga.

“Kedepan untuk menjaga stabilitas harga pangan saat Ramadan dan Lebaran kita akan lakukan koordinasi dengan TPID, Bulog, Organda dan lainnya. Tujuannya, agar kebutuhan masyarakat tetap aman dan terkendali,” ungkapnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge