0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Di Pangandaran, Jokowi Resmikan Keramba Jaring Apung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (sumber: setkab.go.id)

Timlo.net – Keramba jaring apung lepas pantai (KJA Offshore) di laut wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, resmi dioperasikan. Keberadaan KJA Offshore dinilai bisa meningkatkan produktivitas ikan laut dan melestarikan kembali ikan yang nyaris punah.

Peresmian itu dilakukan secara seremonial oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di lapangan terbuka PPI Cikidang, Pangandaran yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan sejumlah pejabat birokrasi lainnya.

Peresmian juga dihadiri para nelayan di Kabupaten Pangandaran, masyarakat umum, pimpinan organisasi dan tokoh masyarakat di kota itu.

Presiden sebelum meresmikan sempat berbincang dengan sejumlah nelayan untuk menyerap aspirasi nelayan tentang persoalan yang terjadi di Pangandaran.

Jokowi dengan ciri khasnya selalu menyapa masyarakat itu menyampaikan, KJA di laut Pangandaran itu merupakan terobosan pertama di Indonesia yang akan memberikan manfaat dan meningkatkan produktivitas ikan di Indonesia.

Ia menyebutkan, selain Pangandaran, rencananya yang akan dibangun teknologi serupa oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yakni di Sabang dan Karimun Jawa.

“KJA ini diharapkan menjadi cikal bakal berlipatgandanya budi daya perikanan di Indonesia, kita harus ingat bahwa 70 persen negara kita itu air,” katanya.

Selain meningkatkan produktivitas ikan, kata dia, KJA tersebut akan menyerap tenaga kerja, tercatat dalam penerapan KJA di Pangandaran ini melibatkan 215 sampai 250 orang.

“Yang tidak langsung sekitar 220 orang, itu baru satu, di Pangandaran saja, belum yang di Sabang dan Karimun Jawa,” katanya.

Ia berharap, keberadaan KJA Offshore Pangandaran tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya perekonomian nelayan.

“Ini lompatan teknologi perikanan kita agar ke depan kesejahteraan nelayan meningkat,” katanya.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge