0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Taman Indrokilo Siapkan Air Hujan Siap Minum

Pengunjung Taman Indrokilo Boyolali bisa menikmati air hujan siap minum (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Tak hanya untuk refreshing dan wisata edukasi, Taman Indrakilo Boyolali, juga menyiapkan air hujan siap minum. Warga yang datang bisa dengan bebas merasakan sensasi kesegaran air hujan yang telah diolah sebagai pelepas dahaga setelah berkeliling taman Indrokilo.

“Air hujan kita tampung baru kita oleh menggunakan peralatan  pengolahan Elektrolisa Banyu Udan (EBU), aman dan sehat,” kata  Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Eko Dodi Aprianto, Senin (23/4).

Proses pengolahan air hujan menjadi air siap minum sendiri,awalnya air hujan ditampung dalam drum besar. Kemudian, dilakukan difilter yang kemudian dielektrolisa di ruang EBU sehingga menghasilkan air asam dan basa. Dari air asam yang tercipta, terang Dodi, kemudian disimpan di tangki air untuk dapat diminum secara langsung oleh pengunjung. Sedangkan untuk air basa, selanjutnya akan digunakan sebagai pupuk tanaman penghuni KRIB.

“Anggaran untuk fasilitas ini sekitar Rp 200 juta,” tambah Dodi.

Untuk saat ini, pihaknya baru menyiapkan satu titik kran air hujan siap minum. Kedepan, akan ada penambahan kran air hujan siap minum.

“Nanti kita tambah lagi, untuk mempermudah pengunjung,” imbuhnya.

Dijelaskan, penampungan air hujan sebagai air minum, juga dimaksudkan untuk menjaga mata air di Indrokilo.

“Daripada dibuang, lebih baik kita tampung untuk kehidupan besok,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge