0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Huawei Kembangkan Asisten Digital Dengan Emosi

Logo Huawei. (ubergizmo.com)

Timlo.net—Selama ini, Huawei dikenal antusias menambahkan kecerdasan buatan (AI/ artificial intelligence) untuk berbagai perangkat mereka. Beberapa smartphone mereka dipasarkan di Cina dengan asisten AI. Penolong digital itu pada akhirnya akan dirilis pada produk lain. Sekarang ini, mereka ingin mengembangkan AI dengan interaksi emosional yang lebih baik untuk para pengguna.

“Kami ingin menyediakan interaksi emosional. Kami pikir jika, di masa mendatang, semua pengguna kami berharap [jika] mereka bisa berinteraksi dengan sistem dalam mode emosional. Inilah arah yang kami lihat dalam jangka panjang,” ujar Felix Zhang dari Huawei kepada CNBC.

Dengan kata lain, ponsel Anda akan bisa membaca mood Anda dan memberikan respon yang sesuai. Nada suara, bagaimana Anda menggunakan ponsel dan informasi lainnya bisa digunakan untuk mengetahui perasaan Anda.

Felix menunjuk pada asisten Samantha yang diceritakan pada film “Her” pada 2013 sebagai inspirasi Huawei. “Samantha adalah mimpi untuk semua teknisi. Seperti dalam film, Anda bahkan bisa menyingkirkan pacar Anda. Inilah yang bisa diberikan layanan emosi ,” ujar Felix.

Pada akhirnya aplikasi AI itu akan bisa mengimbangi percakapakan. Dan menyediakan dukungan emosional. Serta tentunya menyediakan informasi cuaca dan kondisi lalu lintas. Ponsel Anda bisa menjadi teman juga perangkat yang berguna dalam perjalanan.

Sayangnya Huawei tidak mengungkap berapa lama pengembangan AI ini. Tapi yang jelas, Huawei bukanlah satu-satunya yang punya impian ini. Asisten digital lainnya seperti Google Assistant, Cortana, Alexa dan Siri akan menjadi lebih pintar dan canggih.

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge