0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Operator BST Akui Banyak Pengemudi Langgar Aturan

Batik Solo Trans (BST) (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — PT Bengawan Solo Trans (BST) selaku operator Batik Solo Trans Koridor 2 dan 3 mengaku belum bisa memenuhi Standard Operational Procedure (SOP) yang ditetapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Mereka beralasan pengemudi bus memerlukan waktu adaptasi dengan sistem yang baru.

“Terutama Koridor 3 yang masih relatif baru (beroperasi),” kata Direktur Utama PT BST, Farida Wardhatul Jannah, Minggu (22/4).

Ia mengakui banyak pengemudi yang masih terbawa kebiasaan lama. Mengejar setoran. Padahal di bawah manajemen baru pengemudi menerima gaji tetap tanpa ada beban setoran minimal. Mereka hanya dituntut mengemudi sesuai SOP yang meliputi ketepatan waktu, kenyamanan berkendara, serta kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. Termasuk di dalamnya larangan untuk berhenti di luar pemberhentian yang ditentukan.

“Kita terus berusaha untuk membina para pengemudi. Memang tidak mudah mengubah mindset yang sudah lama tertanam,” kata dia.

Pihaknya butuh waktu satu tahun untuk menata perilaku pengemudi di koridor 2 hingga mapan. Dua tahun terakhir, kata dia, operasional koridor 2 banyak pengemudi yang diberhentikan karena melanggar. Pihaknya sudah berulang kali merekrut pengemudi baru sebagai pengganti. Hal yang sama kemungkinan akan berlaku di koridor 3 yang baru beroperasi beberapa bulan terakhir.

“Kami selalu mendidik dan membina agar mereka tetap menaati peraturan,” terangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo mengakui masih banyak pelanggaran Standarad Operational Procedure (SOP) yang dilakukan pengemudi Batik Solo Trans (BST). Kepala Dishub Hari Prihatno bahkan mengatakan gejala pelanggaran tersebut hampir menyeluruh di semua koridor BST yang telah beroperasi.

“Tidak hanya dari laporan masyarakat. Kita sendiri juga pernah liat BST oyak-oyakan (kejar-kejaran),” kata dia, Kamis (19/4).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge