0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Proyek Terus Berjalan, Relokasi Bendung Tirtonadi Belum Tuntas

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memitna warga terdampak pembangunan Embung Tirtonadi segera menyelesaikan pembongkaran hunian mereka. Pasalnya, pengerjaan proyek tersebut mulai memasuki tahap pemasangan tiang pancang yang menjadi bagian dari pondasi.

“Kami harap segera selesai. Kalau warga butuh bantuan membongkar kami siap,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (22/4).

Proyek yang merupakan bagian dari penanganan banjir Kota Solo itu dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) sejak tahun lalu. Sebanyak 195 hunian di Bantaran Kali Anyar, Kelurahan Nusukan serta 106 hunian di sepanjang Kali Pepe, Kelurahan Manahan tergusur proyek ratusan Miliar tersebut.

Ratusan hunian itu berdiri di atas lahan tak bertuan tanpa sertifikan kepemilikan. Ongkos Bongkar dan dana hibah untuk membangun rumah baru telah diserahkan Pemkot Solo akhir 2017 lalu. Namun hingga saat ini, belum semua hunian selesai dibongkar.

“(Pembongkaran hunian di Kelurahan Nusukan) Mungkin minggu depan sudah selesai. Sekarang tinggal belasan rumah. Itu pun yang punya sudah nyicil mbongkar sebagian,” kata Wakil Ketua Kelompok Kerja (Pokja) relokasi Kelurahan Nusukan, Trihono.

Terpisah, Ketua Pokja Relokasi Kelurahan Manahan, Tumino mengatakan pihaknya terus berusaha menyelesaikan pembongkaran hunian. Ia tidak merinci berapa jumlah hunian yang belum dibongkar.

“Harapannya ya segera selesai. Kita mbongkarnya juga dibantu dari BBWSBS juga,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge