0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Permenhub 108 Batal Direvisi

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiadi (foto: Ichsan Rosyid)

Solo — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) batal merevisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108 tentang Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Sebagai gantinya, peraturan khusus tentang taksi dalam jaringan (daring) akan segera diterbitkan. Draft peraturan menteri tersebut saat ini tengah digodog di Kemenhub.

“Minggu depan sudah bisa kita FGD-kan (Focused Group Discussion) dengan para stakeholder,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiadi, Sabtu (21/4).

Peraturan tersebut, terangnya, disusun dengan melibatkan semua pihak. Termasuk peruahaan aplikasi, paguyuban pengemudi taksi daring, Organisasi Angkutan Darat (Organda), serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Setelah kita rundingkan, kesimpulannya Peraturan Menteri 108 tidak akan kita revisi. Tapi kita buat Permen tersendiri,” kata dia.

Sebagai informasi, Permenhub 108 tahun 2017 yang mengatur angkutan umum nontrayek diresmikan 1 November 2017. Peraturan tersebut menuai protes para pengemudi taksi daring karena dinilai memberatkan. Awal April lalu, Budi menyatakan akan merevisi peraturan tersebut dengan mengarahkan perusahaan aplikasi menjadi perusahana transportasi.

“Kita arahkan mereka jadi perusahaan transportasi. Aplikator masih menerima menerima mitra. Makanya aplikator sekalian saja dijadikan begitu (perusahaan) karena sudah ada aturan untuk memayungi perusahaan transportasi,” jelas Budi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge