0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembuatan Rest Area Candi Sukuh Dikucuri Rp 1 Miliar

Meneropong hilal di bukit Sukuh (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Fasilitas pengunjung Candi Sukuh bakal ditambah rest area di gedung setinggi tiga lantai. Pembangunannya mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 1 Miliar.

“Pemkab Karanganyar sudah dikucuri anggaran Rp 1 Miliar dari DAK (dana alokasi khusus) yang akan dipakai membangun rest area di Candi Sukuh. Di DED berupa gedung setinggi tiga lantai,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto kepada wartawN, Minggu (22/4).

Pada tahun lalu, lokasi tersebut untuk meneropong munculnya bulan muda atau rukyatul hilal penanda awal puasa, Idul Fitri, Idul Adha dan momen penting di penanggalan Hijriyah. Sehingga, pembangunan rest area juga mengakomodasi keperluan itu.

Mengenai lokasi meneropong hilal di bukit Sukuh, hal ini terekomendasi tim Observatorium CASA Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam yang dipercaya pemerintah dalam melaksanakan pengamatan. Pada tahun lalu, pengamatan hilal berada di lokasi ini.

Area Candi Sukuh berada di ketinggian 1.190 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di 7 derajat 37′ 40″ LS dan 111 derajat 07′ 46″ BT. Jarak menuju Gunung Merapi dan Merbabu pun dinilai cukup jauh, sehingga tak ada halangan untuk melihat hilal.

Titis memprediksi pembangunan rest area pada pertengahan tahun ini. Sulit dilakukan percepatan di awal tahun karena menunggu petunjuk teknis pemerintah pusat terkait proyek DKA tersebut.

“Sebenarnya berharap triwulan I ini sudah terealisasi. Namun belum mendapat juknis juklak DAK itu,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge