0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

RS PKU Buka Pojok Edukasi Sehat

dr Utama, SpB sebagai pembicara (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Memperingati Hari Kartini, RS PKU Muhammadiyah Surakarta membuka Pojok Edukasi Sehat Minggu (22/4),  di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Kali ini bertema Bijak Dalam Menggunakan Antibiotik.

“Kegiatan yang dihadiri oleh pengunjung dan pasien RS PKU Muhammadiyah Surakarta ini menghadirkan dua pembicara, yaitu dr Utama SpB, Ketua Tim Program Pengendalian Resistensi Antibiotik (PPRA), serta Hadi Cahyo, SFarm Apt, Apoteker RS PKU Muhammadiyah Surakarta,” ujar Humas RS PKU Solo Betty Andriani.

Dr Utama menyampaikan pentingnya penggunaan antibiotik yang bijak pada masyarakat. Tentang bagaimana  penggunaan antibiotik harus dengan resep dokter, antibiotik yang diberikan harus dihabiskan dan tidak boleh memberikan antibiotik kepada orang lain, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap resistensi obat, yaitu kekebalan tubuh terhadap suatu obat.

“Jika saat kita sakit tertentu dan tidak menghabiskan antibiotik yang diberikan, maka saat kita mengalami sakit yang sama kembali maka antibiotik tersebut sudah tidak mempan lagi dan dosisnya akan ditingkatkan. Itulah pentingnya mengkonsumsi antibiotik dengan tepat”, beber dr Utama.

Sementara Hadi Cahyo, menjelaskan lebih dalam lagi tentang penggunaan antibiotik. Bahwa dalam penggunaan antibiotik adalah dengan DaGuSiBu. Yaitu : Da-patkan obat dengan resep dokter,  Gu-nakan sesuai dengan anjuran dan perintah, Si-mpan ditempat yang aman dan  Bu-ang jika sudah tidak digunakan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge