0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rektor UMS Beri Kuliah Umum di New Delhi

Usai memberi kuliah umum, Sofyan dan Direktur Center for Chinese and South East Asian Studies JNU, Prof. Gautam Kumar Jha foto bersama. (foto: ist)

Solo – Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr. Sofyan Anif, memberi kuliah umum (public lecture) tentang pendidikan Muhammadiyah di Jawaharlal Nehru University (JNU), New Delhi, India.

“Kuliah Umum ini terselenggara atas undangan dari Direktur Center for Chinese and South East Asian Studies, School of Language Literature and Cuture Studies, JNU,” jelas Sofyan kepada Timlo.net melalui telepon seluler, Sabtu (21/4).

Di hadapan puluhan mahasiswa dan dosen JNU yang mengambil minat budaya China dan Indonesia, Sofyan menyampaikan kuliah tentang Sistem Pendidikan di Muhammadiyah. Muhammadiyah sejak awal berdirinya telah memiliki komitmen kuat terhadap masalah pengembangan sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan.

Peserta antusias mengikuti kuliah tentang pendidikan yang dilakukan Muhammadiyah. Sofyan menjelaskan, lembaga pendidikan Muhammadiyah telah berkembang dengan pesat, mulai dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, sampai lembaga pendidikan perguruan tinggi.

Menurut catatan data sampai tahun 2015, Muhammadiyah telah memiliki 10.209 sekolah mulai dari TK, SD , SLTP, dan SLTA yang tersebar di seluruh wilayah tanah air Indonesia. Di samping itu, Muhammadiyah telah memiliki sebanyak 176 Perguruan Tinggi, yang dalam bentuk universitas sebanyak 45.

Lebih lanjut Rektor UMS mengatakan, tumbuh dan berkembangnya lembaga pendidikan Muhammadiyah ini merupakan satu fenomena yang banyak mendapat perhatian dari para pakar sosiologi pendidikan. Sehingga Muhammadiyah dikatakan sebagai sebuah organisasi yang berorientasi pada nilai-nilai peradaban, organisasi modern, dinamis dan selalu menghadirkan nilai-nilai kemajuan dalam membangun peradaban dunia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge