0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mahasiswa Dibekali Pelatihan Sebelum Masuk Dunia Kerja

Saat Acara arahan kepribadian berlangsung (foto: Tyo Eka)

Solo – Perguruan Tinggi (PT) dinilai wajib memberikan arahan dan bekal sikap maupun kepribadian menghadapi kehidupan di masyarakat maupun dunia kerja kepada mahasiswanya.

“Untuk itu 291 lulusan UNISRI Surakarta menjelang digelarnya wisuda (28/4) diberikan pelatihan dengan materi berupa etiket, beautyclass serta enterpreneurship, serta motivasi dan wawasan kebangsaan,” jelas Wakil Rektor III Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Solo, Dr. Sutoyo, Sabtu (21/4).

Sutoyo mengatakan, lulusan Perguruan Tinggi usai mengikuti wisuda bakal dihadapkan pada dua pilihan yakni melanjutkan belajarnya atau bekerja. Untuk itu, harus memiliki strategi untuk dapat hidup sukses.

Materi yang diberikan, menurut Sutoyo, berupa wawasan kebangsaan karena era saat ini materi tersebut sangat penting. Selain itu juga mendapat triknya bagaimana bekerja sukses. Sekaligus era sekarang ini ada tuntutan karakter wawasan kebangsaan itu yang perlu dimiliki mahasiswa.

“Sehingga kalau tes PNS, BUMN itu ada materi tentang wawasan kebangsaan, sehingga perlu ditekankan,” jelasnya.

Menurut Wakil Rektor III Unisri, pelatihan mengundang para praktisi, untuk berbagi pengalaman nyata para praktisi sebagai motivasi, agar lulusan berani mencoba usaha mandiri.

Sementara itu, salah seorang Narasumber dari Sekolah Model FS Modeling Solo, Febriandanu menyampaikan materinya tentang busana termasuk asesorisnya, make up dan trik lainnya menghadapi pewawancara.

Pada kesempatan itu, Pengusaha Kota Solo Hardy Deras menceritakan proses perjalanannya baik suka maupun dukanya meniti usaha sablon spanduk, produk outdoor dan dunia advertising lainnya hingga merambah ke dunia kuliner.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge