0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Penyebab Partisipasi Politik Menurun

Anggota DPR RI, Bambang Riyanto (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Banyaknya pemuda yang tidak memahami politik dengan baik`dinilai menjadi penyebab menurunnya partisipasi publik dalam pemilu maupun pilkada. Hal ini disampaikan Anggota DPR RI dari dapil V Jateng dalam acara dengar pendapat masyarakat yang digelar di hadapan kader partai di Sukoharjo, Jumat (20/4).

“Banyak anak muda yang tidak memahami politik dengan baik dan benar, sehingga sedikit banyak mengakibatkan trend politik jaman now menurun. Pemilih pemula sangat potensial dan  harus diberikan pemahaman dengan baik agar demokrasi di Indonesia lebih baik,” kata anggota DPR RI, Bambang Riyanto, Jumat (20/4).

Mantan Bupati Sukoharjo ini menambahkan, pemahaman politik terhadap pemuda bisa dilakukan dengan sosialisasi yang lebih asyik dan terarah. Selain metode sosialisasi, juga bisa dilakukan dengan memperkuat literasi politik bangsa dengan keanekaragaman budaya.

Sementara itu terkait tingkat partisipasi politik akan diukur kembali dengan memanfaatkan moment Pilgub tahun ini, untuk mengetahui jumlah pemilih naik atau justru turun. Dan salah satu solusi untuk mendongkrak parisipasi politik bisa dilakukan dengan meningkatkan budaya literasi politik khususnya bagi pemilih pemula.

“Hari ini kami berikan buku dengan judul Paradoks Indonesia yang menyajikan kondisi negeri Indonesia yang kaya raya dan beragam budaya. Diharapkan dari sudut ini dapat memberikan wawasan bagi masyarakat khususnya pemuda, bagaimana mereka harus bersikap dengan kondisi Indonesia seperti ini,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge