0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dibuang Orangtuanya, Bayi Dilan dan Dimas Diserahkan ke Dinsos

Penyerahan bayi dari pihak Polresta Solo kepada Dinsos Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dua bayi yang ditemukan di wilayah Jebres dan Banjarsari beberapa waktu lalu akhirnya diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Solo setelah hampir satu setengah bulan dirawat di Klinik Bhayangkara Polresta. Hingga saat ini, pelaku pembuangan bayi berjenis kelamin laki-laki bernama Dilan dan Dimas itu masih belum menemui titik terang.

“Dua bayi temuan warga ini kami serahkan ke Dinsos untuk mendapatkan kepastian hukum terkait status anak tersebut,” terang Kapolsek Banjarsari Kompol I Komang Sarjana, Jumat (20/4) siang.

Dikatakan, bayi Dimas ditemukan di Puskesmas Krembyongan tanggal 5 Maret 2018. Lalu, dirawat di Klinik Dokkes Polresta Solo selama 47 hari baru diserahkan ke Dinsos. Sedangkan, bayi Dilan ditemukan di pinggir Jalan Ir Juanda, akhir Februari lalu.

Hingga saat ini, polisi masih menelusuri pelaku atau orangtua yang tega membuang bayi-bayi malang tersebut.

“Masih terus kami telusuri, termasuk memeriksa CCTV Puskesmas Krembyongan. Belum ada titik terang lagi hingga saat ini,” jelas Kapolsek.

Sementara itu, Sekretaris Dinsos Solo Eko Nugroho mengungkapkan, pihaknya secara resmi menerima penyerahan dua bayi dari Polsek Jebres bernama Dilan dan bayi dari Polsek Bajarsari bernama Dimas.

“Kami menitipkan bayi ke YPAB (Yayasan Penitipan Anak dan Bayi) Permata Hati Jebres. Dinsos akan segera mengurus hak-hak anak seperti nama dan akta kelahiran agar memiliki legalitas hukum tetap,” kata dia.

Disinggung terkait syarat adopsi kedua bayi tersebut, Eko mengaku, orang tua adopsi harus memenuhi setidaknya 27 syarat yang ditetapkan oleh Kemeterian Sosial (Kemensos). Syarat tersebut diantaranya surat izin mengadopsi anak ke Dinsos, surat perjanjian mengasuh anak, surat nikah, dan lainnya

“Kami akan melakukan home visit kepada calon oran tua yang akan mengadopsi anak. Selama belum ada yang mengadopsi status kedua bayi ini adalah anak negara,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge