0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DPT Pilkada Serentak di Karanganyar 681.477 Pemilih

Penandatanganan berita acara penetapan DPT di Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — KPU Karanganyar menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jateng dan Pilbup Karanganyar sebanyak 681.477 orang, dengan rincian 336.726 pria dan 334.751 wanita. Jumlah tersebut disusun dari perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 684.901 orang.

“Ini hasil perbaikan berjenjang dari desa, kelurahan, kecamatan dan masukan dari Panwas dan Catatan Sipil,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Nugroho Budi Nugroho kepad wartawan di sela rapat pleno penetapan DPT di Taman Sari Hotel, Kamis (19/4).

Dikatakan, penduduk potensial Pemilu di DPT lolos verifikasi faktual seperti berusia 17 tahun, belum cukup umur tapi sudah menikah, tidak terganggu jiwa, memiliki KTP elektronik maupun bersurat keterangan sudah rekam data KTP. Warga yang masuk DPT, menurutnya, juga sudah disesuaikan dengan database kependudukan yang ada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Dari situ, kami dapatkan data pemilih, baik yang tercatat dalam database kependudukan maupun tidak, yang sudah ber-KTP Elektronik maupun yang memegang surat keterangan,” jelasnya.

Setelah DPT ditetapkan, KPU selanjutnya akan melakukan pemeliharaan data pemilih secara terus menerus hingga hari H pemungutan suara. “Untuk warga yang ternyata masih tercecer, artinya belum masuk DPT padahal sudah memiliki hak pilih, maka tetap bisa menggunakan hak pilihnya saat hari H coblosan nanti,” tuturnya.

Dengan ditetapkannya DPT, maka selanjutnya KPU akan mempersiapkan logistik untuk keperluan pemungutan suara. Menurut Handoko, pengadaan logistik akan ditangani oleh KPU pusat. “Semua ditangani pusat, termasuk lelangnya. Nanti daerah tinggal menerima,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge