0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dugaan Pelanggaran Netralitas Kadisdik, Panwaslu Kirim Rekomendasi ke Bupati

Kepala Dinas Pendidikan Klaten Sunardi (berseragam batik PGRI) (dok.timlonet/ist)

Klaten — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Klaten telah menerbitkan rekomendasi dugaan pelanggaran yang menyeret Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Klaten Sunardi. Sebab Sunardi dianggap terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Rekomendasi sudah kami kirim ke Bupati dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Klaten,” ujar Ketua Panwaslu Klaten Arif Fatkurakhman saat ditemui, di sela Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT), di Aula KPU Klaten, Rabu (18/4).

Seperti diberitakan sebelumnya, Kadisdik Sunardi menghadiri kegiatan safari politik Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Rumah Joglo, Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan, pada Sabtu (7/4) lalu. Kegiatan tersebut dikemas dalam dialog Forum Komunikasi dengan Paguyuban Sahabat Petani Klaten.

Pasca temuan tersebut, Selasa (10/4), Panwaslu Klaten melakukan pemanggilan kepada Sunardi dalam rangka klarifikasi. Pasalnya dia diduga melakukan pelanggaran netralitas ASN berdasarkan Surat Edaran Menpan-Reformasi Birokrasi (RB) Nomor B/71/M.SM.00.00/2017 tentang Pelaksanaan Netralitas bagi ASN pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2018, Pemilihan Legislatif Tahun 2019, dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

“Yang jelas udah melanggar Undang-Undang ASN terkait netralitas PNS. Untuk sanksinya nanti yang memberikan ialah Bupati. Jadi sanksinya terserah di beliau (Bupati Klaten Sri Mulyani). Karena tugas kami hanya memberikan rekomendasi,” papar Arif.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge