0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gelar Sosialisasi Pilgub, PPK Sasar Pemilih Pemula

PPK Kecamatan Baturetno menggelar sosialisasi Pilgub 2018 di SMK Pancasila 4 Baturetno, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Panitia Pemilihan Kecamatan( PPK) Kecamatan Baturetno, Wonogiri  menggelar sosialisasi Pilgub Jateng dengan sasaran kalangan pemilih baru yang didalamnya terdapat pemilih pemula. Hal demikian mengingat pemilih pemula di Wonogiri mencapai puluhan ribu jiwa.

“Materi yang kami sampaikan terkait jadwal pelaksanaan Pilgub, maka kita membidik pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak 2018 nanti. Intinya, agar kalangan pemilih pemula ini paham tentang tata cara pemilihan dan sampai proses pencoblosan di bilik suara hingga semua tahapan pemilu rampung,” terang anggota Divisi Sosialisasi PPK Kecamatan Baturetno Bimas Agung Prihartono didampingi Ketua PPK Kecamatan Baturetno Yudi Mulyono saat menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih serta partisipasi masyarakat dalam rangka Pilgub 2018, di Aula SMK Pancasila 4 Baturetno, Senin(16/4).

Menurut dia, sosialisasi tersebut menyasar pada kalangan pemilih pemula, khususnya pelajar di Kecamatan Baturetno yang nantinya disaat helatan pesta demokrasi lima tahunan itu sudah berhak menyalurkan suaranya.

“Selain kalangan pelajar atau pemilih pemula kami juga telah menjadwalkan agenda sosialisasi yang menyasar sampai tingkat bawah seperti kalangan Gapoktan, nelayan dan PKK semua sudah terplaning. Bahkan,dalam waktu dekat ini kita akan menggelar sosialisasi Pilgub dengan melalui pentas budaya,” kata Kepala SMP di Baturetno ini.

Sementara itu,sosialisasi Pilgub yang dilakukan PPK Kecamatan Baturetno yang digelar secara interaktif di Aula SMK Pancasila 4 Baturetno tersebut mendapat apresisiasi dari kalangan pelajar dan pihak sekolah.

Ditambahkan,di Wonogiri pemilih baru yang didalamnya terdapat pemilih pemula totalnya mencapai 31.572 pemilih sedang jumlah DPS totalnya 857.749 pemilih. Di Jateng, pemilih pemula tercatat ada 60-70 persen dari 27 juta total jumlah penduduk Jawa Tengah. Data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pemilih pemula di Jateng, laki-laki 743.192 orang dan perempuan 708.076 orang. Total jumlah pemilih pemula di Jateng 1.451.268 orang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge