0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Disparta Kritik Kebersihan Penyelenggaraan SICF

Kepala Dinas Pariwisata Solo Hasta Gunawan (batik) didampingi Ketua Pelaksana SICF 2018 Daryono saat acara penutupan SICF di Manahan (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Pariwisara Kota (Disparta) Solo memberikan kritikan tajam terhadap penyelenggaraan Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2018. Tak main-main, kritikan ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Hasta Gunawan, saat penutupan gelaran yang sudah menginjak tahun kelima tersebut.

“Utamanya adalah kebersihan. Meskipun sudah diantisipasi dengan mengerahkan sejumlah petugas (kebersihan), namun begitu tetap saja banyak sampah yang bertebaran selama acara berlangsung,” ungkap Hasta di hadapan seluruh pengunjung SICF, di Manahan, Solo,  Minggu (15/4) malam.

Selain membebankan kebersihan terhadap panitia penyelenggara, Hasta secara tersirat menyindir rasa memiliki sekaligus kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

“Sudah ada ratusan tempat sampah disebar, hanya berjalan sebentar ke tempat sampah apa susahnya? Ada juga pengunjung yang sudah sampai tempat sampah, tapi tidak dimasukkan kedalamnya, hanya diletakkan di atas tutup tempat sampah, nah ini jadi perhatian kita bersama,” kata dia.

Hasta mengatakan seharusnya pengunjung yang mengaku mencintai Kota Solo dan menyukai even-even Kota Solo harus bisa bekerjasama menjaga agar kebersihan bisa selalu lestari.

“Katanya mencintai Kota Solo, katanya mencintai even-even yang diselenggarakan, ya kita harus saling dukunglah,” ujarnya.

Selain masalah kebersihan, Hasta juga menyoroti tidak adanya papan petunjuk yang ada di lokasi penyelenggaraan acara. Hal ini menyebabkan pengunjung jadi kurang terarah.

“Misal papan petunjuk toilet, papan petunjuk mushala, papan petunjuk lokasi keamanan, dan lainnya. Harus ada. Jika tidak pengunjung bingung,” kata dia.

Selebihnya Hasta mengaku terbuka bagi kritik dan saran yang dilontarkan masyarakat. Dia mengatakan kritik dan saran yang membangun akan berdampak pada penyelenggaraan SICF yang lebih baik lagi.

“Kita terbuka, monggo silakan bagi masyarakat yang hendak menyumbang saran untuk bisa mengirimkan kepada kami supaya penyelenggaraan lebih baik lagi,” pintanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge