0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

100 Grup Meriahkan Festival Hadrah

Peserta Festival Hadrah (foto: Heru Murdhani)

Solo – Sebanyak 100 grup Hadrah berkompetisi dalam Festival Hadrah 2018 yang berlangsung Sabtu (14/4) malam. Mengambil start di Stadion Sriwedari, acara yang diikuti ribuan peserta ini dibuka langsung okeh Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

“Ada 51 kelompok Hadrah yang merupakan binaan dari kelurahan yang ada di Solo, dan 49 kelompok umum,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan, Kinkin Sultanul Hakim.

Berdasarkan pengamatan, ribuan peserta berjalan beriringan bersama dengan kendaraan yang memuat pengeras suara sebagai pengiring musik Hadrah. Mereka menyusuri Jl. Slamet Riyadi hingga mencapai titik finish di pelataran Benteng Vastenburg.

“Ada lima pemenang yang akan kita pilih dari 100 kelompok yang ikut. Pemilihan pemenang ini adalah sebagai pemacu semangat kelompok untuk bisa berkembang lebih baik lagi,” kata dia.

Sebagai penutup festival tahunan ini, digelar pengajian dalam rangka Isra Miraj.

foto: Heru Murdhani

FX Hadi Rudyatmo dalam kesempatan yang sama mengatakan, perkembangan seni Hadrah di Kota Bengawan cukup menggembirakan. Dirinya ingin hal ini selaras dengan nilai-nilai agama yang juga semakin mendalam pada pengikutnya.

“Berkembangnya kelompok, juga harus dibarengi dengan perkembangan nilai agama yang dianut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta bermasyarakat,” kata dia.

Tak lupa Walikota menyisipkan harapan, agar kegiatan serupa bisa digelar kembali tahun depan, dengan skala yang lebih besar lagi.

“Kita kembangkan lagi, dengan skala yang lebih besar,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge