0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pendaftar SBMPTN UNS 2018 Baru 4.350 Orang

Ketua Panitia SPMB UNS, Prof Drs. Sutarno, MSc, PhD (foto: Tyo Eka)

Solo – Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 tercatat sebanyak 4.350 pendaftar.

“Pendaftar diperkirakan bakal meningkat pesat seusai hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 yang diumumkan tanggal 17 April 2018 mendatang,” ungkap Ketua Panitia SPMB UNS, Prof Drs. Sutarno, MSc, PhD saat dihubungi Timlo.net melalui telpon seluler, di Solo, Sabtu (14/4).

Sutarno mengakui, pendaftar SBMPTN 2018 sejak dibuka pendaftaran pada 5 April 2018 hingga saat ini memang belum menunjukkan angka yang signifikan. Dimungkinkan siswa SMA masih menunggu hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan diumumkan 17 April 2018 mendatang.

Selain itu, siswa SMA sederajat yang berminat mengikuti SBMPTN juga masih memiliki waktu panjang, karena pendaftaran SBMPTN masih ditutup pada 27 April 2018.

“Pada tahun-tahun sebelumnya pada periode sama, pendaftar SBMPTN cukup tinggi hingga 20 ribu lebih, sedangkan saat ini masih di angka empat ribu lebih,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutarno mewanti-wanti kepada para peserta SBMPTN 2018 agar berhati-hati dalam mengisi data pribadi saat melakukan pendaftaran maupun saat mengerjakan lembar jawab ujian.

Berdasarkan pengalaman dan data, tidak sedikit mereka peserta SBMPTN usai mengerjakan jawaban soal ujian kemudian tidak mendapat nilai. Salah satunya lantara ada kesalahan ataupun kurang teliti saat mengisi data. Akibatnya jawaban tidak ternilai, dan hilang menjadi kosong.

“Data itu termasuk data pribadi, data mata uji juga harus benar. Itu salah otomatis menjadi kosong hasilnya. Kesalahan berakibat menjadi kosong itu berdasarkan selama ini mencapai sekitar 10.000 peserta. Percuma kan,” ujar Sutarno yang juga Wakil Rektor I UNS bidang Akademik.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge