0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Perbaikan DPS Masih Berlangsung

(Ilustrasi) Pilkada serentak 2018 (dok.timlo.net/pemilu update.com)

Karanganyar — Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi perbaikan daftar pemilih sementara (DPS) di tingkat kecamatan setelah sebelumnya dilakukan perbaikan di tingkat desa/kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Perbaikan DPS di tingkat kecamatan akan berlansung hingga 17 April mendatang.

“Dalam perbaikan ini, jika ada pemilih yang namanya belum terdaftar, atau pindah domisili tapi namanya masih masuk DPS, atau meninggal dunia, atau punya hak pilih tapi belum terdaftar, akan diakomodir. Sehingga nantinya diperoleh Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akurat,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Budi Sukramto, kemarin.

Perbaikan itu akan terus dilakukan sepanjang masyarakat mengadukan hak pilihnya bermasalah, usai DPS diumumkan hingga penetapannya menjadi DPT pada 18 April.

KPU mengumumkan jumlah pemilih sementara di Karanganyar sebanyak 684.901 jiwa. Angka itu ditetapkan berdasarkan hasil rekapitulasi pemutakhiran data pemilih yang dilakukan KPU secara berjenjang beberapa waktu lalu.

Budi menambahkan, jika nanti setelah DPT ditetapkan masih ada warga memiliki hak pilih namun belum terakomodir dalam DPT, yang bersangkutan masih bisa memberikan hak suaranya saat pilkada.

“Untuk pemilih yang belum masuk DPT, nantinya akan diakomodir dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge