0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tebu Pengantin Dikirab ke Mesin Giling

Upacara giling tebu perdana mirip acara pernikahan Jawa (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Upacara temanten tebu mengawali musim giling digelar manajemen Pabrik Gula (PG) Tasikmadu, Jumat (13/4) pagi. Prosesi tersebut  dimaknai selamatan yang dikemas layaknya pernikahan adat Jawa.

“Tradisi ini sudah turun temurun sejak pabrik didirikan Mangkunegoro IV. Temanten tebu ini merupakan pasangan tebu terbaik yang diambil dari kebun berlainan. Tebu Bagus Sarkoro diambilkan dari Pandeyan, Kabupaten Sukoharjo dan Tebu Perempuan diambilkan dari Kebun Suruh, Kecamatan Tasikmadu,” kata Administratur PG Tasikmadu, Bambang Sutrisno kepada wartawan.

Sepasang tebu temanten itu dibawa rombongan dari rumah besaran menuju rumah dinas administratur pabrik gula. Di depannya iring-iringan hadrah, pembawa sesaji dan reog. Sepasang pria dan wanita memakai baju pengantin Jawa berada di atas kereta kuda, seakan melambangkan mempelai di pesta pernikahan.

Penataan rombongan tahun ini berlainan. Tahun sebelumnya tebu manten yang dibawa satu pria dan satu wanita dengan didandani layaknya pengantin. Namun kali ini sepasang tebu temanten itu dibawa rombongan peraga yang berada di belakangnya. Sesampai halaman Rumah Dinas Administratur PG Tasikmadu, selanjutnya dibawa masuk ke ruang mesin giling.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge