0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kodim Karanganyar Tanam Percontohan di Wonolopo

Dandim Karanganyar, Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mochtar Maksum bersama istri menanam bibit padi di demplot (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kodim 0727/Karanganyar menanam padi IR64 di lahan demplot Desa Wonolopo, Tasikmadu, Jumat (13/4) pagi. Pengolahan lahan menggunakan sistem jajar legowo (Jarwo) dan bersistem organik.

“Semuanya sistem organik. Mulai dari pupuk, persiapan tanah, dan obat hama. Tidak menggunakan transplanter mengingat kontur lahan demplot. Dengan sistem ini, diharapkan hasilnya maksimal,” kata Dandim 0727/Karanganyar, Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mochtar Maksum kepada wartawan di lokasi penanaman.

Penanaman dilakukan di lahan milik Kepala Dusun Wonolopo, Sardi, dengan luas 1 hektare. Dandim berharap melalui program percontohan ini, semua mengikuti. Sebab, cara ini dapat menaikkan produksi padi sekitar 2 ton beras tiap 1 hektare, dari sebelumnya 6 ton.

“Hasil panen nantinya dapat dinikmati warga sekitar dan sebagian akan disimpan di gudang Bulog untuk antisipasi kebutuhan pangan apabila terjadi bencana,” ujarnya

Dari produksi tersebut akan disisihkan 2,5 ton untuk stok pangan Kodim 0727/KRA dan sisanya sebagai cadangan beras yang akan dititipkan di gudang Bulog untuk ketahanan pangan nasional.

Selain menanam padi, Kodim 0727/KRA juga menyiapkan lahan tanam sayuran di rumah pangan lestari yang terletak di Makodim 0727/KRA. Sistemnya menggunakan polibag sejumlah 150 tanaman.

Sementara itu, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar, Riyanto Sujudi, mengatakan Kabupaten Karanganyar siap bersama-sama Kodim 0727/KRA menyukseskan program ini melalui pendampingan dan pembinaan ketahanan pangan dengan menerjunkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge