0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pendanaan Klewer Sisi Timur Tersendat, Pemkot Diminta Cari Alternatif

Pasar Klewer Timur akan dibangun (dok.timlo.net/red)

Solo – Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Abdul Ghofar menyarakan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera mengantisipasi ketidakjelasan pembangunan Pasar Klewer Timur yang didanai pemerintah pusat. Bila pemerintah pusat tidak segera mengucurkan anggaran untuk membangun, sebaiknya Pemkot mencari pinjaman ke berbagai lembaga penjamin agar pedagang bisa segera berjualan di tempat semula.

Pengalaman masa lalu dalam membangun Pasar Klewer sisi barat, ujar Ghofar, menyatakan tertunda pembangunannya juga tersendat lantaran kelambatan anggaran dari pusat.

“Sebaiknya Pemkot segera mengantisipasi kelambatan pengucuran dana dari pusat dengan mencari alternatif pembiayaan. Bisa cari pinjaman seperti waktu membangun RSUD Ngipang, atau bisa saja menggunakan dana pinjam ke CSR atau lembaga lain,” tandas Gofhar, Kamis (12/4/2018)

Lebih lanjut Ghofar menyayangkan kelambatan pengucuran anggara dari pemerintah tidak segera diantisipasi Pemkot Solo. Selain pembangunan terlambat selesai, juga berdampak terhadap pedagang yang saat ini menempati bedeng sementara di Alun-alun Utara.

“Tentu mereka berharap dapat kembali berjualan di tempat yang lama. Sampai kapan akan selesai dibangun, itu pertanyaan yang selalu ditanyakan,” katanya.

Menurutnya, pemerintah akan menganggarkan biaya sewa tempat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) paling lama enam bulan ke depan, bila pemerintah pusat belum mengucurkan dana pembangunan Pasar Klewer Timur.

Artinya, penundaan pembangunan akibat anggaran belum dikucurkan, membuat perhitungan APBD tambahan yang akan membebani kas daerah.

“Tentu akan membebani kas daerah. Apalagi kalau sampai molornya lebih dari tiga bulan. Secepatnya pemerintah pusat didesak agar konsisten dengan komitmennya untuk membiayai Pasar Klewer Timur,” ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi III Honda Hendarto, hanya bersedia menganggarkan melalui APBD Perubahan tidak setahun.

“Banggar akan menyetujui tambahan anggaran untuk sewa lahan Pasar Klewer Timur,” tandas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge