0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNS Kucurkan Rp 600 Juta untuk Mahasiswa Wiraswasta

Ketua Program Pelaksana PMW PPKwu LPPM UNS Eddy Triharyanto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun anggaran 2017 / 2018 mengucurkan dana sebesar Rp 600 juta. Dana sebesar tersebut diperuntukkan pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

“Dana sebesar Rp 600 juta itu untuk mendampingi sebanyak 88 orang mahasiswa calon wirausaha,” ungkap Ketua Program Pelaksana PMW PPKwu LPPM UNS Solo Eddy Triharyanto kepada Timlo.net, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (12/4).

Dana Rp 600 juta tersebut, menurut Eddy, digunakan antara lain untuk pelatihan, rekrutmen, termasuk penyertaan modal. Masing-masing mahasiswa calon wirausaha mendapat kucuran sebanyak Rp 7 juta.

Menurut Eddy, ada beberapa jenis usaha yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai calon wirausaha. Diantaranya, jenis usaha kuliner, jasa, ekonomi kreatif, fashion, pertanian dan sebagainya. “Tapi umumnya usaha kuliner,” ujarnya.

Eddy mengemukakan, mahasiswa peserta program wirausaha umumnya mereka yang berkuliah antara semester 2 hingga semester 8. “Tapi rata-rata mereka masuk di semester 4 – 6,” ujarnya.

Dijelaskan, sejak program ini dilaksanakan tahun 2009 hingga saat ini, kualitas mengalami peningkatan. Artinya saat program mahasiswa wirausaha ini berawal, mahasiswa yang direkrut adalah mereka yang masih calon wirausaha. Mereka belum mempunyai rintisan usaha. Tetapi kemudian berubah mereka yang sudah memiliki rintisan usaha.

“Sehingga kami tinggal membina dan membenahi usaha mereka,” ujarnya.

Diantara mereka yang mengikuti program mahasiswa wirausaha, ada sekitar 30%-nya yang meneruskan untuk menekuni wirausahanya. Dalam arti menjadi pengusaha.

Kendala mereka yang dihadapi, menurut Eddy, umumnya terletak pada mindset. “Padahal membangun usaha sebenarnya dimulai dari keinginan yang kuat, lalu didorong oleh ketekunan, ketelitian kemudian ketelatenan untuk menumbuhkan usahanya. Itu yang masih problem,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge