0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Asesor LAM-PTKes Lakukan Visitasi Gizi Stikes PKU 

Suasana penandatangan usai visitasi LAM PT Kes (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) –Perguruan Tinggi (PT) Kesehatan melakukan asesmen lapangan (visitasi) program studi S1 Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) PKU Muhammadiyah Surakarta. Visitasi dalam rangka akreditasi prodi Gizi tersebut.

“Tim Asesor terdiri dari Prof Dr Ir IkeuTanziha MS dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Dr Marudut Sitompul MPS dari Poltekes Kemenkes Jakarta,” ungkap  Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta Dr Sofyan Anief MSi kepada wartawan, di Kampus STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Kamis (12/4).

Sofyan mengatakan, LAM-PT Kes merupakan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia untuk melihat kualitas Progam Studi, Sekolah Tinggi maupun Universitas sebagai tolok ukur dalam pemberian penilaian akreditasi.

Progam Studi S1 Gizi selalu berusaha untuk meningkatkan nilai akreditasi untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Upaya tersebut terlihat dari usaha pengembangan fasilitas ruang perkuliahan dan dosen, pengembangan perpustakaan, pembaruan kurikulum, pemanfaat teknologi informasi dan pengembangan kemahasiswaan yang dilakukan Prodi S1 Gizi beberapa tahun terakhir.

“Muhammadiyah, baik melalui Majlis Dikti PP Muhammadiyah maupun Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta selalu memberi dukungan dan support untuk kemajuan Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta  menjadi salah satu Sekolah Tinggi kesehatan yang terbaik dan menjadi unggulan,” jelas Sofyan.

Pada kesempatan itu, Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta Weni Hastuti MKes mengatakan, asesmen telah mengukur “tingkat bisa dipercaya” penyelenggaraan pendidikan S1 Ilmu Gizi di lembaganya.

Prodi S1 Gizi STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta mendapatkan ijin operasional dengan SK Nomor: 319/E/O/2012 pada tanggal 14 September 2012. Peluang untuk program Studi S1 Gizi STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta masih terbuka luas, diantaranya di Kota Solo sebagai tempat wisata kuliner, kebijakan pemerintah sehingga membuka luas kesempatan terhadap alumni untuk mengembangkan jiwa wirausaha dalam bidang kuliner halal. Seluruh alumni Prodi S1 Gizi STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta telah 100 % bekerja maupun membuka lapangan usaha.

“Akreditasi merupakan penilaian penyelenggaraan prodi yang bertujuan menginformasikan kinerja program kepada masyarakat. Selain itu, Prodi juga mendapat masukan dari asesor tentang hal-hal yang masih harus ditingkatkan dalam penyelenggaraan Prodi, mengingat akreditasi juga merupakan bentuk evaluasi pembinaan dari LAM-PTKes,” jelas Weni.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge