0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Anjing Akan Berbohong Demi Dapatkan Kemauan Mereka

ilustrasi (sumber: pxhere.com)

Timlo.net—Sebuah penelitian menemukan jika anjing ternyata bisa berbohong. Para peneliti dari Swiss menyelidiki anjing dan kemampuan mereka untuk menipu manusia. Ternyata anjing berbohong untuk memperoleh apa yang mereka inginkan.

Mereka melatih 27 anjing dari berbagai usia untuk membedakan wanita. Ada dua wanita yang harus dikenali. Pertama adalah wanita koperatif yang mengizinkan anjing memperoleh makanan kesukaan mereka. Kedua adalah wanita kompetitif yang tidak mengizinkan mereka makan makanan kesukaan mereka.

Untuk membedakan hal ini, para anjing dilatih bagaimana memimpin dua wanita kepada tiga kotak. Satu kotak berisi sosis, makanan favorit mereka. Kotak kedua berisi biskuit anjing dan kotak ketiga kosong, tulis Indy100.com.

Wanita yang koperatif akan menghadiahi anjing apapun yang ada dalam kotak. Sementara wanita yang kompetitif akan menyimpan makanan favorit sang anjing. Lantas apa hubungan hal ini dengan anjing berbohong?

Saat anjing diperintahkan membawa wanita yang kompetitif ke kotak berisi makanan, si anjing akan berbohong. Dia tahu jika sang wanita akan menyimpan sosis yang mereka sukai. Dua anjing dalam penelitian, Arwen dan Nelson, selalu membawa wanita yang koperatif ke kotak berisi sosis. Tapi untuk wanita kompetitif, mereka membawanya ke kotak lain.

Penelitian itu dipublikasikan di jurnal Animal Cognition. “Pada kedua hari tes, anjing akan cenderung membawa wanita yang koperatif dibandingkan yang kompetitif, ke kotak yang berisi makanan favorit mereka, dan efek ini lebih kuat pada hari tes kedua dibandingkan pada hari tes pertama,” tulis para peneliti.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge