0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peneliti Temukan Otak Kedua Pada Manusia di Wilayah Perut

Perut. (herfacts.co.uk)

Timlo.net—Kita cenderung berpikir jika otak adalah pusat kendali dari tubuh manusia. Tapi para peneliti menemukan otak kedua yang lebih kecil di bagian usus. Otak ini bisa berfungsi terpisah dari otak yang ada dalam tengkorak.

Otak kedua itu disebut enteric nervous system (ENS). ENS adalah jaringan sekitar 500 ribu sel saraf dan neuron yang ada di dinding usus. Otak kedua ini bertanggung jawab mengendalikan sistem saluran pencernaan, tulis nine.com.au.

Para peneliti yakin jika kita mempelajari hal ini lebih jauh, maka masalah kesehatan usus seperti IBS (irritable bowel syndrome) dan sembelit bisa dipecahkan. Selain itu, hubungan antara usus dan kesehatan mental juga akan terbongkar.

Penelitian menyatakan ENS mempengaruhi otak utama atau otak besar, termasuk bagaimana otak itu mengolah pikiran dan emosi. Sejak dulu para tenaga medis percaya jika depresi mempengaruhi kesehatan pencernaan. Tapi penelitian terkini mengesankan jika yang sebenarnya adalah kesehatan pencernaan mempengaruhi kesehatan mental.

“Usus dan otak punya hubungan dua arah; mereka saling terhubung utamanya lewat saraf vagus yang bisa mentransfer pesan-pesan kimia di antara keduanya,” terang ahli kesehatan perut Kara Landau.

“Kesehatan usus yang buruk menyebabkan peradangan di seluruh tubuh dan peradangan dihubungkan dengan depresi dan kegelisahan. Mengingat usus kita mengirim pesan-pesan kimia sendiri terpisah dari otak, termasuk memproduksi sekitar 90 persen neurotransmiter yang menenangkan mood, serotonin, tidak mengherankan jika usus yang sehat berkaitan dengan regulasi mood yang lebih baik,” tambahnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge