0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNBK SMA

Tiga Sesi Ujian Tetap Sulit Saling Intip Soal

Ruang UNBK di SMAN 1 Karanganyar (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Bagi peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/MA, pembagian sesi waktu pengerjaan berbeda bukan celah saling intip soal. Sebab, naskah tiap sesi dirancang berlainan.

“Ternyata sesi pagi dengan siang dan sore itu naskahnya diacak. Meski materinya sama, namun bakal sulit bagi peserta ujian untuk memberi tahu (peserta ujian) sesi lain. Terlebih naskah bahasa indonesia di hari pertama ini soal cerita yang panjang,” kata Pjs Bupati Karanganyar Prijo Anggoro Budi Rahardjo kepada Timlo.net usai sidak di SMAN 1 Karanganyar dan SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, Senin (9/4).

Awalnya ia mengira pembagian sesi waktu ujian lantaran keterbatasan ruang laboratorium komputer. Meski tidak sepenuhnya salah, namun panitia ujian memaparkan alasan lain. Yakni agar pengawasan efektif, peserta ujian lebih berkonsentrasi dan menjaga stabilitas server. Dengan jumlah yang tak terlampau banyak di tiap sesi ujian, pengelolaannya bakal lebih efektif.

Di hari pertama UNBK mengujikan 50 butir soal bahasa indonesia dan bahasa inggris.

“Saya salut kepada anak-anak ini. Mereka juga tidak bernafsu ingin tanya-tanya apa yang keluar di sesi ujian sebelumnya ke teman lain. Ini modal menjadi orang sukses. Percaya diri,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge