0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

HUT TNI AU ke-72, Tekankan Netralitas dalam Pilkada dan Pilpres

Upacara HUT ke72 TNI AU di Lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar (dok.timlo.net/achmad khalik)

Karanganyar — Situasi politik jelang Pilkada, Pileg hingga Pilpres mendapat sorotan serius dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Surisna di HUT TNI AU ke 72. Pihaknya menekankan agar TNI, khususnya AU menjaga netralitas agar tak terlibat dalam politik praktis saat diselenggarakannnya proses Pilkada dan Pilpres.

“Sikap netralitas diwujudkan dengan tidak memihak salah satu calon atau partai politik peserta Pemilu, baik langsung atau tidak langsung maupun penggunaan sarana kedinasan untuk kegiatan Pilkada atau Pemilu,” terang KSAU dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Inspektur Upacara Kepala Dinas Perencanaan dan Pengendalian (Kadisrendal) Depo Pemeliharaan (Depohar) 50 Letkol Lek Joko Nugroho saat upacara peringatan ke-72 HUT TNI Angkatan Udara, di Lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Senin (9/4).

Selain menekankan terkait netralitas TNI, KSAU juga menyampaikan terkait pembangun kekuatan udara yang diinginkan. Tentunya, tidak bisa dalam waktu sekejap atau menunggu sampai musuh datang menyerang terlebih dahulu baru mengeksplorasi potensi yang ada di wilayah dirgantara nasional.

“Berbagai upaya senantiasa dilakukan untuk dapat mewujudkan sebuah kondisi kekuatan udara yang ideal, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Angkatan Udara.  Untuk itu, kebijakan ”Minimum Essential Force” (MEF) dan Rencana Strategis TNI AU merupakan jawaban yang tepat dan terus dilaksanakan,” tegas KSAU

Tak lupa, KSAU juga mengajak untuk  terus mendukung salah atu program pemerintah yang menjadi prioritas nasional yakni “menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara”, serta mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Di mana TNI AU harus memiliki kemampuan yang optimal untuk mengamankan program tersebut dengan melaksanakan maritime air strike dan maritime air support,” jelas KSAU.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge