0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dicurhati Warga, SBY Minta Distribusi Beras Sejahtera Dievaluasi

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istri, saat menghadiri forum petani Klaten ()

Klaten – Seorang petani asal Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, mengeluhkan kualitas beras sejahtera (Rastra). Keluhan tersebut disampaikan kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Forum Komunikasi dengan Paguyuban Sahabat Petani Klaten, Sabtu (7/4).

“Kami masyarakat di Papua mendapatkan beras Raskin (sekarang disebut Rastra) dengan kualitas jelek. Kualitasnya jauh dibandingkan masyarakat penerima di Jawa,” ujar Neles Sanbero, petani asal Teluk Wondama di Klaten, Sabtu (7/4).

Dalam acara yang berlangsung di Rumah Joglo Kebon Dalem Lor, Jalan Manisrenggo No 70, Prambanan, Klaten itu, keluhan serupa juga disampaikan oleh Gandung Sungkono.

Kepada SBY, dia menyebut kualitas bantuan sosial (bansos) Rastra tidak layak untuk dimakan lantaran bau dan berkutu.

“Sebagai orang Jawa yang tinggal di Klaten yang dikenal sebagai lumbung padi nasional, saya sangat malu. Kenyataannya beras Raskin memang kualitasnya jelek. Begitu disalurkan, si penerima Raskin pasti menjualnya kembali,” keluh petani asal Desa Mutihan, Kecamatan Gantiwarno, Klaten ini.

Menanggapi keluhan tersebut, SBY berpendapat, tujuan program bansos Rastra sebenarnya baik bagi masyarakat kurang mampu. Mungkin saat dibagikan terdapat kesalahan distribusi atau pembagian kepada penerimanya.

Pada kesempatan itu, dia pun langsung meminta Wakil Ketua Umum Demokrat, Syarief Hasan yang sekarang duduk di DPR RI bersama legislator Demokrat lainnya dari Provinsi hingga Kabupaten untuk mengawal keluhan masyarakat tersebut.

“Tolong disampaikan beras Raskin atau Rastra ini yang dianggap tidak manusiawi atau seperti disampaikan petani tadi kepada Ibu Bupati sampai ke pemerintah pusat. Anggota DPRD, DPR RI juga bisa menyampaikan kepada Kabulog, Menteri Pertanian, seperti ini berasnya agar diperbaiki, disempurnakan. Kalau belum tolong diingatkan, hingga sampai dilaksanakan,” ujar SBY.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge